English French German Italian Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 18 Mei 2010

PENGERTIAN KONTRAK BERJANGKA


Satu hal yang paling mendasar sebelum bertransaksi di perdagangan berjangka, sebaiknya Anda ketahui lebih dulu pengertian kontrak berjangka. Kontrak berjangka adalah suatu perjanjian yang mengikat secara hukum antara dua pihak untuk membeli atau menjual komoditas yang menjadi subjek Kontrak Berjangka. Dalam kontrak ini, tercantum jumlah, mutu, jenis dan tempat tertentu untuk waktu penyerahan yang telah ditetapkan.

Transaksi kontrak berjangka hanya boleh dilakukan di Bursa Berjangka yang telah memperoleh izin usaha dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Pembeli dan penjual Kontrak Berjangka menyetujui harga tertentu untuk komoditas yang bersangkutan untuk penyerahan di kemudian hari. Penyerahan komoditas secara fisik dapat saja terjadi sebagai wujud dari pemenuhan kontrak. Namun sebagian besar Kontrak Berjangka umumnya diakhiri dengan cara off-set sebelum kontrak jatuh tempo.

Off-set adalah melakukan transaksi untuk Kontrak Berjangka yang sama serta dalam jumlah dan untuk bulan penyerahan yang sama. Bedanya, trader mengambil posisi yang berlawanan dengan posisi "terbuka" Kontrak Berjangka yang dimiliki sebelumnya. Dengan cara ini, tidak terjadi penyerahan barang (delivery) atas kontrak berjangka tersebut.

UU No. 32/1997 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi menyebutkan, kegiatan Perdagangan Berjangka ini harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan tata tertib bursa yang berlaku. Sebagai individu, misalnya, Anda tidak dapat melakukan transaksi Kontrak Berjangka secara langsung di bursa. Karenanya transaksi harus melalui Anggota Bursa yang berstatus Pialang Berjangka.


Share/Bookmark
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

DAFTAR ARTIKEL

LANGGANAN ARTIKEL

Masukan alamat email anda di sini untuk berlangganan artikel:

Delivered by FeedBurner

 

INFO HARVEST INTERNATIONAL FUTURES Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha