English French German Italian Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 18 Mei 2010

INVESTASI EMAS??? SIAPA TAKUT???


Emas. Siapa yang tak kenal dengan logam mulia ini? Dengan seabrek keunggulannya, terutama nilai ekonomisnya yang yahud, menjadikan logam mulia ini begitu berharga. Bukan hanya hari ini, tapi ribuan tahun sebelum Neil Armstong menjejakkan kakinya di bulan. Nah, sebagai zat yang mempunyai nilai ekonomi tinggi, mungkinkah kita beternak emas agar beranak pinak dengan sentosa?

Investasi emas adalah jawaban untuk pertanyaan di atas. Bicara soal investasi, khususnya emas, sejatinya tidak melulu belajar bagaimana menanam dan mengembangkan objek investasinya. Kita juga harus mengetahui bagaimana memperoleh, menyimpan, dan menggunakan emas. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah memilih perusahaan kredibel bagi kita untuk bertanya tentang keaslian dan seluk-beluk emas. Terakhir, kita juga musti paham bagaimana cara menjual emas.

Di atas semua itu, yang terpenting sebelum melakukan investasi emas adalah belajar. Langkah ini menjadi maha penting, karena jika kita tidak mengetahui seluk-beluk investasi ini sama halnya dengan memasuki hutan belantara tanpa peta dan kompas. Belajar memilki arti luas. Antara lain, belajar mengenal faktor eksternal yang akan berdampak pada usaha, juga belajar dari kegagalan pihak lain dalam berinvestasi.

Banyak orang yang stress akibat penurunan nilai aset yang dimilikinya. Dan yang paling sering dilihat adalah pelaku pasar modal yang terobsesi mencapai capital gain. Mereka biasanya adalah pemain-pemain baru yang hanya melihat keberhasilan-keberhasilan seniornya dalam mengeruk keuntungan. Pada saat yang sama, para junior ini enggan melihat seniornya dalam hal berinvestasi, trading, dan menggunakan portofolionya.


Learn, then buy

Begitu juga dalam berinvestasi emas, sebaiknya Anda membeli buku-buku yang ada hubungannya dengan emas. Dari sini Anda bisa melihat sejarah emas serta mengambil hikmah apa yang telah terjadi di masa lalu.

Para pendahulu kita pernah membuat formulasi: the education first, the investment second. Akan tetapi, dalam berinvestasi emas yang lebih tepat adalah belilah surat kabar bisnis atau browsing internet sebelum berinvestasi emas. Kedua sumber informasi tersebut sangat membantu Anda dalam berinvestasi emas. Pasalnya, emas bersifat global, dilihat penduduk dunia setiap hari tanpa henti. Berita di belahan timur bumi ini akan mempengaruhi harga emas di belahan barat bumi. Begitu juga sebaliknya.

Pada zaman modern ini, banyak sekali sumber informasi, khususnya dari internet. Surat kabar dan internet memang berkembang menjadi sumber daya penting, terlebih lagi pada tahun-tahun yang akan datang. Ini adalah sumber-sumber informasi yang selalu Anda butuhkan. Tetapi sebaiknya Anda harus mampu memilah dan memilih informasi tersebut sehingga tidak salah dalam berinvestasi.


Share/Bookmark
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

DAFTAR ARTIKEL

LANGGANAN ARTIKEL

Masukan alamat email anda di sini untuk berlangganan artikel:

Delivered by FeedBurner

 

INFO HARVEST INTERNATIONAL FUTURES Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha